Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 Semester 2 Unit 5

 Modul Ajar Bahasa Inggris

Fase B

Elemen CP

  • Mendengarkan

  • Berbicara

Profil Pelajar Pancasila

  • Bergotong-royong

  • Kreatif

  • Bertanggung jawab

Tujuan Pembelajaran

  • Mendengarkan dan memahami percakapan sederhana tentang hobi dan kegiatan di luar ruangan

  • Berbicara dan menceritakan pengalaman tentang hobi dan kegiatan di luar ruangan

Alur Pedagogi

  • Orientasi

  • Pemodelan

  • Keterampilan

  • Aplikasi

Pokok Bahasan

  • Hobi

  • Kegiatan di luar ruangan

Alokasi Waktu

  • 2 x 35 menit

Sub Materi Ajar

  • Kata-kata dan frasa tentang hobi

  • Kata-kata dan frasa tentang kegiatan di luar ruangan

Kata kunci/glosarium

  • Hobbies

  • Outdoor activities

  • Camping

  • Hiking

  • Swimming

  • Fishing

  • Cooking

  • Reading

Prasyarat Pembelajaran

  • Siswa mampu memahami dan menggunakan kata-kata dan frasa dasar dalam bahasa Inggris

Model Pembelajaran

  • Cooperative Learning

  • Discovery Learning

Teknik Pembelajaran

  • Diskusi

  • Presentasi

  • Demonstrasi

Sarana dan Prasarana

  • Laptop

  • Proyektor

  • Whiteboard

  • Kartu kata

  • Gambar-gambar tentang hobi dan kegiatan di luar ruangan

Langkah-langkah Pembelajaran

Orientasi

  • Guru mengucapkan salam dan memperkenalkan diri

  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran

  • Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk mengecek pemahaman mereka tentang topik yang akan dipelajari

Pemodelan

  • Guru menyajikan percakapan tentang hobi dan kegiatan di luar ruangan

  • Guru menjelaskan kata-kata dan frasa yang digunakan dalam percakapan tersebut

Keterampilan

  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok

  • Guru memberikan kartu kata kepada setiap kelompok

  • Siswa diminta untuk mendiskusikan makna kata-kata tersebut

  • Guru meminta perwakilan dari setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

Aplikasi

  • Guru memberikan gambar-gambar tentang hobi dan kegiatan di luar ruangan

  • Siswa diminta untuk bercerita tentang pengalaman mereka melakukan hobi atau kegiatan tersebut

Aksi

  • Guru meminta siswa untuk membuat poster tentang hobi atau kegiatan di luar ruangan favorit mereka

  • Poster tersebut akan dipajang di kelas

On Going Formation

  • Guru memberikan umpan balik kepada siswa selama proses pembelajaran

  • Guru memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa

Rubrik Penilaian

Komentar