Modul Ajar Fase A Kelas 2 Unit 1 (3 Elemen)

Contoh MA Unit 1 Kelas 2

Elemen "Menyimak dan Berbicara"

MA Bahasa Inggris

Fase A

Elemen: Menyimak dan Berbicara

Kelas: 2

Semester: 1

Unit: 1

Sumber Buku: Happy Campers 2 (2015)

Tujuan Pembelajaran:

  • Peserta didik mampu menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berinteraksi dalam situasi sosial dan kelas seperti berkenalan, memberikan informasi diri, mengucapkan salam dan selamat tinggal.
  • Peserta didik mampu merespon instruksi sederhana (dengan bantuan visual) melalui gerakan tubuh atau menjawab pertanyaan pendek sederhana dengan kata, frase atau kalimat sederhana.
  • Peserta didik mampu memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan.

Pendidikan Karakter:

  • Jujur
  • Santun
  • Peduli

Kegiatan Pembelajaran:

Kegiatan 1: Memperkenalkan Diri

  • Guru menyapa peserta didik dengan salam dan menanyakan kabar mereka dalam bahasa Inggris (e.g., "Good morning, everyone! How are you today?").
  • Guru memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris (e.g., "My name is Ms. [Nama Guru]. I am your English teacher this year.").
  • Guru meminta peserta didik untuk memperkenalkan diri secara bergantian dalam bahasa Inggris (e.g., "My name is [Nama Peserta Didik]. I am [Usia] years old. I am from [Tempat Tinggal].").
  • Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang berani berbicara bahasa Inggris dengan memberikan pujian dan tepuk tangan.

Kegiatan 2: Bermain Tebak-tebakan

  • Guru menunjukkan gambar benda-benda di sekitar kelas atau di dalam buku Happy Campers 2.
  • Guru meminta peserta didik untuk menebak nama benda tersebut dalam bahasa Inggris.
  • Guru memberikan bantuan visual dan gerakan tubuh untuk membantu peserta didik memahami makna kata dalam bahasa Inggris.
  • Guru memberikan pujian dan penghargaan kepada peserta didik yang berhasil menebak nama benda dengan benar.

Kegiatan 3: Bernyanyi Lagu Salam

  • Guru mengajarkan lagu salam dalam bahasa Inggris kepada peserta didik, seperti "Good morning song" atau "Hello song".
  • Guru menyanyikan lagu tersebut dengan gerakan yang mudah diikuti oleh peserta didik.
  • Guru meminta peserta didik untuk menyanyikan lagu tersebut bersama-sama.
  • Guru memberikan pujian dan penghargaan kepada peserta didik yang bernyanyi dengan semangat dan antusias.

Penilaian:

  • Penilaian dilakukan secara observasi selama pembelajaran berlangsung.
  • Guru menilai kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berinteraksi, merespon instruksi, dan memahami ide pokok informasi yang disampaikan secara lisan.
  • Guru juga menilai sikap dan karakter peserta didik, seperti kejujuran, kesantunan, dan kepedulian.

Catatan:

  • Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik.
  • Guru dapat memberikan penghargaan dan penguatan positif kepada peserta didik yang berani berbicara bahasa Inggris.
  • Guru dapat berkolaborasi dengan orang tua atau wali murid untuk membantu peserta didik belajar bahasa Inggris di rumah.

Lampiran:

  • disesuaikan


Contoh MA Unit 1 Kelas 2

Elemen "Membaca dan Memirsa"


MA Bahasa Inggris

Fase A

Elemen: Membaca dan Memirsa

Kelas: 2

Semester: 1

Unit: 1

Sumber Buku: Happy Campers 2 (2015)

Tujuan Pembelajaran:

  • Peserta didik mampu membaca dan memahami informasi sederhana dari teks pendek dalam bahasa Inggris.
  • Peserta didik mampu memahami informasi yang disampaikan melalui media visual, seperti gambar dan video.

Pendidikan Karakter:

  • Jujur
  • Santun
  • Peduli

Kegiatan Pembelajaran:

Kegiatan 1: Membaca Cerita

  • Guru membacakan cerita pendek dalam bahasa Inggris dari buku Happy Campers 2 dengan suara yang jelas dan intonasi yang menarik.
  • Guru menunjukkan gambar-gambar yang relevan dengan cerita untuk membantu peserta didik memahami makna kata dan kalimat dalam bahasa Inggris.
  • Guru meminta peserta didik untuk memperhatikan cerita dengan seksama.
  • Setelah selesai membacakan cerita, guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana kepada peserta didik dalam bahasa Inggris untuk menguji pemahaman mereka, seperti "What is the story about?" atau "Who are the characters in the story?".
  • Guru memberikan pujian dan penghargaan kepada peserta didik yang menjawab pertanyaan dengan benar.

Kegiatan 2: Menonton Video

  • Guru menunjukkan video pendek dalam bahasa Inggris yang berkaitan dengan materi pembelajaran di Unit 1, seperti video tentang hewan atau benda-benda di sekitar kelas.
  • Guru meminta peserta didik untuk memperhatikan video dengan seksama.
  • Setelah selesai menonton video, guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana kepada peserta didik dalam bahasa Inggris untuk menguji pemahaman mereka, seperti "What did you see in the video?" atau "What did the animals do?".
  • Guru memberikan pujian dan penghargaan kepada peserta didik yang menjawab pertanyaan dengan benar.

Kegiatan 3: Bermain Tebak-tebakan Gambar

  • Guru menunjukkan gambar-gambar benda-benda di sekitar kelas atau di dalam buku Happy Campers 2.
  • Guru meminta peserta didik untuk menebak nama benda tersebut dalam bahasa Inggris.
  • Guru memberikan bantuan visual dan gerakan tubuh untuk membantu peserta didik memahami makna gambar.
  • Guru memberikan pujian dan penghargaan kepada peserta didik yang berhasil menebak nama benda dengan benar.

Penilaian:

  • Penilaian dilakukan secara observasi selama pembelajaran berlangsung.
  • Guru menilai kemampuan peserta didik dalam membaca dan memahami informasi sederhana dari teks pendek dan media visual.
  • Guru juga menilai sikap dan karakter peserta didik, seperti kejujuran, kesantunan, dan kepedulian.

Catatan:

  • Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik.
  • Guru dapat memberikan penghargaan dan penguatan positif kepada peserta didik yang berani membaca dan berbicara bahasa Inggris.
  • Guru dapat berkolaborasi dengan orang tua atau wali murid untuk membantu peserta didik belajar bahasa Inggris di rumah.

Lampiran:

  • disesuaikan

Contoh MA Unit 1 Kelas 2

Elemen "Menulis dan Mempresentasikan"


MA Bahasa Inggris

Fase A

Elemen: Menulis dan Mempresentasikan

Kelas: 2

Semester: 1

Unit: 1

Sumber Buku: Happy Campers 2 (2015)

Tujuan Pembelajaran:

  • Peserta didik mampu menulis kalimat-kalimat sederhana dalam bahasa Inggris.
  • Peserta didik mampu mempresentasikan diri dan karyanya di depan kelas dengan menggunakan bahasa Inggris sederhana.

Pendidikan Karakter:

  • Jujur
  • Santun
  • Peduli

Kegiatan Pembelajaran:

Kegiatan 1: Menulis Salam

  • Guru membagikan kartu-kartu kecil kepada peserta didik.
  • Guru meminta peserta didik untuk menulis salam dalam bahasa Inggris di kartu tersebut, seperti "Good morning!" atau "Hello!".
  • Guru meminta peserta didik untuk berkeliling kelas dan bertukar kartu dengan teman-teman mereka.
  • Guru meminta peserta didik untuk mengucapkan salam kepada teman-teman mereka dengan menggunakan kartu tersebut.

Kegiatan 2: Menggambar dan Menulis

  • Guru meminta peserta didik untuk menggambar benda-benda di sekitar kelas atau benda-benda yang mereka sukai.
  • Guru meminta peserta didik untuk menulis nama benda tersebut di bawah gambarnya dalam bahasa Inggris.
  • Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan gambar dan tulisan mereka di depan kelas dengan menggunakan bahasa Inggris sederhana, seperti "This is a cat. It is black and white."
  • Guru memberikan pujian dan penghargaan kepada peserta didik yang berani mempresentasikan diri dan karyanya di depan kelas.

Kegiatan 3: Bermain Permainan Peran

  • Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
  • Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk memerankan situasi percakapan sederhana dalam bahasa Inggris, seperti percakapan antara penjual dan pembeli di toko atau percakapan antara dua orang teman yang bertemu di taman.
  • Guru meminta setiap kelompok untuk mempresentasikan percakapan mereka di depan kelas.
  • Guru memberikan pujian dan penghargaan kepada peserta didik yang berani berbicara bahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri.

Penilaian:

  • Penilaian dilakukan secara observasi selama pembelajaran berlangsung.
  • Guru menilai kemampuan peserta didik dalam menulis kalimat-kalimat sederhana dalam bahasa Inggris dan mempresentasikan diri dan karyanya di depan kelas dengan menggunakan bahasa Inggris sederhana.
  • Guru juga menilai sikap dan karakter peserta didik, seperti kejujuran, kesantunan, dan kepedulian.

Catatan:

  • Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik.
  • Guru dapat memberikan penghargaan dan penguatan positif kepada peserta didik yang berani menulis dan berbicara bahasa Inggris.
  • Guru dapat berkolaborasi dengan orang tua atau wali murid untuk membantu peserta didik belajar bahasa Inggris di rumah.

Lampiran:

  • disesuaikan



Komentar