Modul Ajar Bahasa Indonesia
Fase B
Elemen CP
Menyimak
Profil Pelajar Pancasila
Bergotong-royong
Kreatif
Bertanggung jawab
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menyimak teks cerita dan menemukan ide pokoknya
Alur Pedagogi
Orientasi
Pemodelan
Keterampilan
Aplikasi
Pokok Bahasan
Ide pokok
Alokasi Waktu
2 x 35 menit
Sub Materi Ajar
Pengertian ide pokok
Cara menemukan ide pokok
Kata kunci/glosarium
Ide pokok
Kalimat utama
Prasyarat Pembelajaran
Siswa mampu menyimak teks cerita dengan lancar
Model Pembelajaran
Pembelajaran Kooperatif
Discovery Learning
Teknik Pembelajaran
Diskusi
Presentasi
Demonstrasi
Sarana dan Prasarana
Laptop
Proyektor
Whiteboard
Gambar-gambar tentang aktivitas di taman dan pekerjaan rumah tangga
Langkah-langkah Pembelajaran
Orientasi
Guru mengucapkan salam dan memperkenalkan diri
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk mengecek pemahaman mereka tentang topik yang akan dipelajari
Pemodelan
Guru menyajikan teks cerita pendek
Guru menjelaskan ide pokok dari teks tersebut
Keterampilan
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Guru memberikan gambar-gambar tentang aktivitas di taman dan pekerjaan rumah tangga
Siswa diminta untuk mendiskusikan ide pokok dari gambar-gambar tersebut
Guru meminta perwakilan dari setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
Aplikasi
Guru meminta siswa untuk menyimak teks cerita pendek secara individu
Siswa diminta untuk menuliskan ide pokok dari teks tersebut
Aksi
Guru meminta siswa untuk membuat poster tentang ide pokok yang mereka temukan
Poster tersebut akan dipajang di kelas
On Going Formation
Guru memberikan umpan balik kepada siswa selama proses pembelajaran
Guru memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa
Rubrik Penilaian
Sikap
Komentar
Posting Komentar