Modul Ajar IPAS Fase C Kelas 5 Semester 1
Unit 1: Energi
Elemen: Energi
Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat mengidentifikasi berbagai macam energi.
Siswa dapat menjelaskan perubahan energi.
Aktivitas:
Warm Up
Guru menunjukkan gambar-gambar tentang berbagai macam energi. Siswa diminta untuk menyebutkan nama-nama energi tersebut.
Main Game
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberikan sebuah tugas untuk menjelaskan perubahan energi. Siswa diminta untuk menjelaskan perubahan energi tersebut.
Practice
Guru memberikan siswa beberapa tugas untuk menjelaskan perubahan energi. Siswa diminta untuk menjelaskan perubahan energi tersebut.
Refleksi
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
Rubrik Penilaian:
Keterampilan mengidentifikasi berbagai macam energi:
Siswa dapat menyebutkan berbagai macam energi dengan benar.
Keterampilan menjelaskan perubahan energi:
Siswa dapat menjelaskan perubahan energi dengan benar.
Karakter Pelajar Pancasila:
Kreatif: Siswa dapat menemukan cara-cara baru untuk menjelaskan perubahan energi.
Berpikir Kritis: Siswa dapat menganalisis perubahan energi.
Catatan:
Aktivitas-aktivitas di dalam modul ajar dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa.
Guru dapat menambahkan atau mengurangi aktivitas-aktivitas tersebut.
Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang sesuai, seperti gambar, video, atau permainan.
Modul Ajar IPAS Fase C Kelas 5 Semester 1
Unit 2: Ekosistem
Elemen: Ekosistem
Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat menjelaskan komponen-komponen ekosistem.
Siswa dapat menjelaskan hubungan antar komponen ekosistem.
Aktivitas:
Warm Up
Guru menunjukkan gambar-gambar tentang ekosistem. Siswa diminta untuk menyebutkan komponen-komponen ekosistem tersebut.
Main Game
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberikan sebuah tugas untuk menjelaskan hubungan antar komponen ekosistem. Siswa diminta untuk menjelaskan hubungan antar komponen ekosistem tersebut.
Practice
Guru memberikan siswa beberapa tugas untuk menjelaskan hubungan antar komponen ekosistem. Siswa diminta untuk menjelaskan hubungan antar komponen ekosistem tersebut.
Refleksi
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
Rubrik Penilaian:
Keterampilan menjelaskan komponen-komponen ekosistem:
Siswa dapat menyebutkan komponen-komponen ekosistem dengan benar.
Keterampilan menjelaskan hubungan antar komponen ekosistem:
Siswa dapat menjelaskan hubungan antar komponen ekosistem dengan benar.
Karakter Pelajar Pancasila:
Kerja Keras: Siswa berusaha untuk memahami komponen-komponen dan hubungan antar komponen ekosistem.
Berpikir Kritis: Siswa dapat menganalisis hubungan antar komponen ekosistem.
Catatan:
Aktivitas-aktivitas di dalam modul ajar dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa.
Guru dapat menambahkan atau mengurangi aktivitas-aktivitas tersebut.
Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang sesuai, seperti gambar, video, atau permainan.
Modul Ajar IPAS Fase C Kelas 5 Semester 1
Unit 3: Perubahan Cuaca
Elemen: Perubahan Cuaca
Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan perubahan cuaca.
Siswa dapat menjelaskan dampak perubahan cuaca.
Aktivitas:
Warm Up
Guru menunjukkan gambar-gambar tentang perubahan cuaca. Siswa diminta untuk menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan cuaca tersebut.
Main Game
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberikan sebuah tugas untuk menjelaskan dampak perubahan cuaca. Siswa diminta untuk menjelaskan dampak perubahan cuaca tersebut.
Practice
Guru memberikan siswa beberapa tugas untuk menjelaskan dampak perubahan cuaca. Siswa diminta untuk menjelaskan dampak perubahan cuaca tersebut.
Refleksi
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
Rubrik Penilaian:
Komentar
Posting Komentar